Tuesday, November 1, 2011

CARA JUAL BARANG DI INTERNET

Posted by Unknown on Tuesday, November 1, 2011

kaskus-jual-beli
Cara jualan barang di internet gampang-gampang susah, gampangnya kita hanya menulis barang yang kita akan jual kemudian ditambahkan photo jika diperlukan dan selesai deh. kita tinggal promosi dan tunggu para pembeli.  Itu saja, gampang kan?. Masalahnya adalah bagaimana orang bisa percaya anda seorang penjual di internet, kalau anda hanya menulis beberapa baris kata saja tanpa dibarengi dengan profil tentang anda yang bisa meyakinkan pembeli di internet. Di internet kepercayaan adalah modal utama bisnis online, tanpa kepercayaan produk anda DIJAMIN tidak akan laku.

Menjual barang di Internet tidak semudah membalikan telapak tangan, butuh usaha dan kerja keras, berikut tips sederhana bagaimana cara menjual barang di internet.

PERSIAPAN OFFLINE:
  • Siapkan produk anda dan foto produk anda
  • Buat keterangan tentang produk anda
  • Bual list daftar harga
  • Rancang iklan anda dengan kata-kata yang bagus sehingga mudah dimengerti dan bisa membuat orang tertarik dan percaya pada produk anda, tapi jangan terlalu "Lebay".

PROMOSI ONLINE:
Dalam promosi online ada beberapa cara dalam menjual barang di internet, diantaranya adalah:

Promosi di iklan baris baik iklan baris gratis maupun iklan baris yang berbayar.
Ada banyak iklan baris gratis maupun yang berbayar / premium di internet yang bisa dijadikan untuk promosi online anda, silahkan anda ketikan iklan baris gratis di google.com atau yahoo.com, nanti akan banyak sekali penyedia jasa iklan baris gratis yang bisa anda gunakan untuk jual barang di internet, beberapa penyedia jasa iklan gratis yang terkenal misalnya kaskus, berniaga, tokobagus, dan lain-lain deh.

Promosi di website jasa pemasang iklan
Promosi pada website jasa pemasang iklan membutuhkan biaya, ada banyak website penyedia jasa iklan di internet, misalnya jika produk anda dipromosikan ke berbagai negara anda bisa menggunakan jasa penyedia iklan yang bersifat global seperti: Google Adsense,  Yahoo Search Market, namun jika hanya promosi online anda hanya ditujukan untuk warga negara indonesia saja, maka disarankan menggunakan jasa pemasang iklan yang berbahasa Indonesia saja, misalnya, adsensecamp, kliksaya, kumpulblogger, idblognetwork, sitti dan lain sebagainya.

Promosi di Blog atau website secara personal
Agar produk anda bisa lebih dipercaya disarankan untuk promosi online dengan menggunakan blog, baik blog pribadi maunpun blog orang lain, jika blog anda masih belum memiliki nama di dunia maya, disarankan anda membayar blog orang lain untuk mereview atau memasarkan produk anda di blog orang tersebut usahakan blognya yang sudah terkenal dan yang punya blognya sudah dikenal di dunia maya misalnya punya saya, ("he.... narsis"), jadi intinya adalah biarkan orang lain membuat tulisan pada blognya tentang produk anda dengan kata-kata yang bisa dipercaya, dan jika ada yang memesannya maka anda akan mendapatkan pembeli. Salah satu contohnya adalah dengan promosi di blog Majalengka.biz, maka produk anda akan kami review dan kami promosikan setelah itu pembeli akan di giring ke anda melalui blog Majalengka.biz. Jika mau mencoba pasang iklan di blog Majalengka ini, silahkan baca aturannya di menu pasang iklan.

Membuat website toko online sendiri.
Inilah yang mudah tapi sulit, Membuat toko online itu gampang, yang sederhana saja 60 menit website toko online bisa jadi. Fungsi website toko online adalah layaknya toko yang kita miliki di rumah, namun toko online hanya menjajakan produk dalam bentuk teks dan gambar. Jadi tulisan/keterangan produk dalam persiapan offline yang sudah disiapkan pada tulisan di atas, dapat digunakan untuk keterangan di dalam website toko online ini. Membuat toko online itu mudah seperti yang saya katakan di atas, kenapa mudah? ya karena kita tinggal beli domain dan hosting, install script toko online, setting, posting, online deh. Gampang ti Hongkong!!!, he... ya itu kalau anda sudah terbiasa dengan ngeblog dan membuat website, tapi bagaimana kalau belum tahu sama sekali tentang domain dan hosting, tentang script website toko online?.

Jawabannya mudah saja, Anda harus BELAJAR MEMBUAT TOKO ONLINE, sampai anda benar-benar bisa membuat website toko online, kalau masih keukeuh tidak bisa atau tidak mau bisa, ada cara kedua yaitu menyewa jasa pembuat toko online, tapi tentunya anda juga harus mengetahui tentang dasar-dasar toko online tersebut. Masih juga belum bisa menguasai dasar-dasar dari website? tidak masalah yang penting anda punya uang untuk membayar orang untuk mengelola website anda, jadi anda tinggal menyiapkan dana tiap bulan atau pertahunnya untuk promosi online, anda hanya tinggal menunggu para pembeli dari toko online anda.

Bahasan tentang website toko online mungkin lain waktu akan saya bahas lebih dalam dalam artikel menggabungkan bisnis offline dengan bisnis online atau mungkin saya buat e-book tentang website toko online. Perlu diingat oleh anda jika anda menyuruh orang membuatkan website toko online, carilah orang yang sudah faham dengan SEO (Search Engine Optimization), jika tidak maka produk yang ada di website anda percuma untuk anda jual karena kurang dikenal oleh orang lain, percuma dong website bagus tapi tidak ada pengunjungnya?. bener tidak?. He.. Oiya sekalian promosi barangkali butuh jasa pembuatan toko online sederhana silahkan hubungai Majalengka biz, insya Allah akan saya bantu pembuatannya dari install sampai opimasi SEO-nya. SUKSES Selalu Untuk Anda.

Previous
« Prev Post

8 comments:

  1. jual menjual di internet kini makin bisa dipercaya ya bos

    ReplyDelete
  2. Iya bos, semakin mudah dan murah, namun tetap harus hati-hati saat berbelanja di internet, diteliti dulu siapa di belakang yang punya web tersebut.

    ReplyDelete
  3. tengkyu boss atas info yang mendetail,aku juga mau ikut nimbrung di majalengka.biz boleh kan boss..?

    ReplyDelete
  4. Silahkan wina, semoga sukses dengan jualan pintunya.

    ReplyDelete
  5. makasih bos sangat berguna sekali ilmunya moga sukses terus....salam kenal

    ReplyDelete
  6. Sama-sama kang, semoga sukses juga jualan obatnya, salam kenal kembali.

    ReplyDelete
  7. Thanks mas akhirnya nemu juga artikel ginian cz lagi butuh buat bahan makalah :)

    ReplyDelete

Silahkan Comment no SPAM Maaf comment berbau Spam akan saya Hapus